Sabtu, 26 Juli 2008

Abdurrahman bin 'Auf

Abdurrahman bin 'Auf seorang sahabat nabi yang kesenengannya beramal mulia,ia adalah seorang sahabat yang pernah membagi 700 kendaraan sarat muatan kepada penduduk Madinah, menjual tanah seharga 40 ribu dinar dan membagikannya kepada keluarganya, istri, Nabi dan kepada kaum fakir miskin, menyerahkan 500 ekor kuda untuk perlengkapan bala tentara islam dan di hari lain 1500 kendaraan dan juga mewariskan 50 ribu dinar untuk jalan Allah dan 400 dinar untuk para veteran perang Badar.
Nilai-nilai tersebut adalah nilai saat itu, jika ingin tahu nilai sebenarnya harus dikonversikan kenilai sekarang. Dari beberapa poin kita pelajari dari kehidupan beliau yaitu bukan harta yang menentukan kita masuk surga atau neraka. Makin banyak yang beranggapan bahwa untuk meraih akhirat mereka meninggalkan dunia.
Sementara Abdurrahman bin 'Auf adalah orang sangat kaya tapi mendapat jaminan masuk surga. Harta akan menyebabkan kita masuk neraka jika mendapatkannya dan membelanjakannya dengan cara yang tidak diridhai Allah SWT. Belanja di jalan Allah akan menghabiskannya harta. Ini teladan dari beliau yaitu membelanjakan harta dijalan Allah tidak akan membuat kita miskin. Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua. Amin


Allhamdulillah.... Memory,26 Juli 2008

Tidak ada komentar: